Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Bambu Bitung Sebgai Obat

http://sritaniadwilestari.blogspot.com

Di alam semesta ini banyak tumbuhan yang banyak mengandung manfaat yang belum diketahui oleh sebagian masarakat contohnya bambu.
Bambu punya beraneka ragam jenisnya seperti bambu haur, bambu gombong, bambu wulung, juga bambu betung.
Yang akan kita bahas adalah bambu betung yang mungkin banyak manfaatnya bagi kita semua,bambu betung hidup  di lereng gunung di tempat yang teduh.

Bambu betung  dendrocalamus asper juga di kenal dengan nama  Bambusa Aspera Schultes, Gigantochloa Aspera Schultes, Dendrocalamus Merrilianus bambu betung adalah mempunyai  diding tebal tidak tipis berdirikokoh dan mencapai diameter 25 - 30 cm, bambu betung mencapai tinggi 30m menjulang ke langit.
Bambu betung mudah didapati di daerah Jawa, Sumatra, Sulawesi dan dibagian daerah Indonesia lainya.

Dinegara kita bambu betung punya ke aneka ragaman namayang tidak sama di Jawa di kenal dengan nama Pring petung, di sunda dikenal dengan awi bitung, di bugis namanya Awo Petung sedangkan di papua dikenal dengan nama Awi Suwangi.

Bambu betung mempunyai berbagai manfaat seperti untuk tiang penyangga bangunan, untuk bahan kerajinan lampu hias, dan lain lain.


Bambu betung yang masih muda yang biasa di sebut rebung bisa di konsumsi sebagai sayur, bahkan dapat di sajikan oleh kuliner kuliner untuk di jadikan makanan has tempo dulu.







Kelasipikasi bambu betung.


Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Liliopsida (Berkeping satu/Monokotil)
Sub Kelas : Commelinidae
Ordo : Poales
Famili : Poaceae (Suku rumput-rumputan)
Genus : Dendrocalamus
Spesies : Dendrocalamus Asper Backer

Tabel sifat kandungan  arang pohon bambu:


no        Bambu           Betat jenis       Kadar air (%)    Abu (%)    Zat mudah Terbang(%) Karbon Terlambat(%)
1        Andong                0,48                     4,60                   7,38                 23,32                                   69,30
2        Ater                       0,65                      6,66                   5,55                12,39                                  82,06
3        Bitung                   0,53                      4,28                   7,46                33,68                                  54,86
4        Tali                         0,40                      7,08                  5,64                14,01                                     80,35
5        Bakau                      -                           5,41                  4,48               17,81                                    77,30

Bambu betung bisa di gunakan sebagai obat yang tidak kalah dengan obat obat parmasi yang banyak di jual di aputik.
-Mengatasi kolesterol
-Kangker
-Diet
-Obat batuk.
-Sesak napas
-Jantung


Manfaat dan Khasiat Bambu Muda Rebung:

1 Menurunka Kolesterol

Dalam batang rebung yang terkandung di dalamnya dalam jenis Fiskosterol adalah Antioksidan jenis ini yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa mengurangi jumlah kolesterol baik.

2 Menjaga Kesehatan Jantung

Kita telah membahas tentang kolesterol di atas karena alasan  penumpukan kolesterol dalam darah, rebung bisa mengurangi penumpukan kolesterol dalam darah  itu sangat berhubungan dengan kesehatan jantung.

3 Mencegah Penyakit Setrok

Dalam setiap 100g batang rebung mengandung sekitar 400mg kalium, Kalium mampu mencegah desakan aliran darah ke otak jadi rebung mampu mencegah setrok.

4 Dapat menurunkan Berat Badan.

Karena rebung banyak mengandung seta sangat tinggi sangat baik untuk program diet anda

4 Mencegah Kangker

Oleh karena rebung mengandung banyak serat yang mampu menjaga kesehatan usus sehingga menghindarkan resiko kangker pencernaan.
Rebung mengandung anti oksidan di dalamnya yang mampu membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker.


5 Mengatasi Masalah Pernapasan
Dengan mengkonsumsi rebung  dipercaya dapat mengurangi masalah pernapasan, halini dikarnakan rebungmemiliki kandungan asam amino yang cukup tinggi.
Cara Pengolahan Rebung Untuk Di Konsumsi.

Pertama rebung di kupas sampai kulit luarnya benar- benar bersih keudian di potong kecil kecil potonganya bisa di bentuk sesuai dengan selera.
Kemudian rebus rebung kira kira sampai 30 menit, setelah rebung di rebus lalu tiriskan dan rebung siap di olah menjadi  pasakan sesuai dengan selera anda.
Rebung bisa di masak di jadikan oseng- osengan atau di sayur dengan memakai santan kelapa.

Sampai di sini bahasan kali ini     RADES BLOG by Cocon







Komentar

  1. Hai semua silahkan kunjungin kami agent terpercaya yang menawarkan hadiah puluhan juta dengan cara yang simple saja jadi yuk berkunjung hanya di dewalotto ya thankss..
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    BalasHapus

Posting Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik