Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

sritaniadwilestari.blogspot.com

Kali ini kita akan menyimak tentang  manfaat bawang merah, yang sudah di kenal sebagai tanaman rempah yang banyak di tanam di daerah kita
.
Bawang merah sebagai bumbu penyedap yang sangat popiler di kuliner- kuliner masakan indonesia sebagai bumbu utama di setiap masakan.

Bawang merah bayak di tanam biasanya dekat dengan sumber air seperti di sawah- sawah dengan pematang- pematang menghidari genangan air hujan yang berlebihan.

Selain di konsumsi sebagai bumbu bawang merah bisa juga di konsumsi secara mentah, tak hanya sedap rasanya bawang merah bisa di ambil manfaatnya yang mungkin belum anda ketahui.


Bawang merah mempunyai kandungan - kandungan zat yang sangat berguna bagi kesehatan kita.
Bawang merah mengandung ati bakteri dan  anti septik yang bermanfaat bagi  tubuh kita.
Kandungan zat bawang merah sebagai berikut:
1. Vitamin C
2. Vitamin B6
3.Vitamin B9
4. Mineral
5.Anti Oksidan
6. Kalium
7. polat


Vitamin C

Pungsi Vitamin C adalah melindungi tubuh dan menjaga sel- sel dalam tubuh agar tetap sehat, selain itu Vitamin c membantu pembentuka kalogen dan anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan polusi juga zat kimia beracun.

Vitamin C membantu memelihara tulang, otot dan  pembuluh darah juga meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Vutamin B6

Vitamin B6 adalah pitamin hewani yang membantu pembentukan sel-sel darah merah dan bisa menghilangkan rasa mual.

Vitamin B9

Vitamin B9 yang stu ini punya manfaat bagi ibu hamil, dalam 100 g bawang merah terkandung 30 mikro gram polat.

Polat

Polat mempunyai pungsi untuk ibu hamil diantaranya mencegah kecacatan pada janin dan berperan menjaga kesehatan ibu dan janin selama dalam keadaan hamil.

Sebaiknya  ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi bawang merah dalam makan sehari- hari untuk meningkatkan polat dalam kehamilan.

Menurut penelitian kekurangan polat dalam tubuh dapat meningkatkan resiko penyakit kangker.








Bawang merah mempunyai kandungan vitamin B6, B9, B12 yang mampu meredam terjadinya penyakit jantung dan mencegah terjadinya setrok.

Anti oksidan

Bawang merah banyak mengandung anti oksidan Flaponoid yang mampu membantu mengurangi terjadinya kangker , penyakit jantung serta diabets.
Bawang merah di percaya dapat mengurangi dan menghambat perkembangan sel- sel kangker.

Kalium

Yang terkandung bawang merah termasuk kalium menurut penelitian laboratorium dalam 100g bawang merah mengandung kalium 330mg kalium potasium.

Mineral

Mineral dapat berpungsi mengatur pungsi sarap mengatur detak jantung dan mencegah terjadinya darah tinggi, di karnakan mineral salah satu zat yang mengandung elektrolit.

Serat

Serat adalah zat yang terkandung dalam bawang merah yang berperan sebagai membantu asupan nutrisi yang memelihara kesehatan pencernaan.

Berbagai macam manfaat bawang merah di atas di sarankan pola makan yang seimbang dan mengatur asupan gizi -gizi yang lainya serta terbiasa dengan hidup sehat.



Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik