Ticker

6/recent/ticker-posts

Bongkar Kompresor Kulkas Yang Macet Dan Beberapa Penyebabnya - RADES BLOG



https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Istilah kompresor dalam kulkas adalah salah satu alat pompa gas Refrigrant yang memiliki pungsi untuk menyuplay sirkulasi Freon, merubah dari bentuk gas dan mengembun dalam ppipa kondensor dan berubah wujud menjadi cairan bertekanan tinggi yang mengalir pada pipa kafiler.

Gas freon yang berada di ruang evaporator yang memiliki tekanan rendah mengalami perubahan evaporasi yaitu perubahan wujud dari zat cair dan mengalami pengembunan dan berubah menjadi gas.

Gas freon mengalir ke pipa kafiler dengan tekanan tinggi dikarnakan ukuran pipa kapiler lumayan panjang sesuai dengan ukuran kulkas itu sendiri.

Perubahan gas dari bentuk cair menguap dan mengalir menjadikan pipa evaporator dingin , ruang evaporator di ambil di ambil energi panasnya oleh proses penguapan.

Dan bisa di ambil contohnya sebagai berikut:

Bensin atau alkohol bila di teteskan pada tangan kita akan terasa dingin hal ini di sebabkan energi panas di ambil oleh bensin atau alkohol dengan cara perubahan dari bentuk cair berubah menjadi uap.

Dari pengertian bahasan di atas mungkin sedikit teori kinerja kompresor di dalam kulkas, dan selanjutnya saya akan jelaskan kerusakan-kerusakan kompresor dan simak sebagai berikut:



1. Kawat sepul terbakar
2. Tekanan menurun karena piston tidak bekerja dengan normal.
3. Air masuk ke tabung kompresor sehingga bercampur dengan oli  sehingga menyebabkan piton macet.

Penyebab Kompresor Macet

Panas berlebihan karna kerja kompresor terlalu berat akibat kelebihan penggunaan seperti terlalu penuhnya makanan di dalam kulkas yang menjadikan kompresor bekerja tanpa berhenti.

Pintu kulkas tidak rapat akibat karet sudah rusak, yang menjadikan udara dingin keluar membuat kompresor terus bekerja.

Kebocoran gas freon sehingga kulkas tidak dingin yang menyebabkan kompresor terus bekerja karena termostat tidak memutus aliran listrik ke kompresor.

Gagal setart di karnakan kurangnya tegangan listik atau tidak setabil, cek tegangan dengan avometer tegangan harus minimal 200V.

Cara perbaikan kompresor dengan tepat dan aman

Langkah langkah berikut ini cara memperbaiki kompresor agar bisa di gunakan kembali dan berikut langkahnya:


  • Langkah yang pertama sebelum di buka anda bisa buang oli di dalam tabung kompresor lewat pipa hisap.
  • Buka kompresor dengan gurinda atau gergaji besi tepat pada sambungan las bawaan pabrik.
  • Membuka tabung kompresor dengan menggunakan gurinda harus dengan extrak hati-hati, ushakan jangan sampai tembus ke dalam untuk menjaga kerusakan bagian dalam terkena gesekan gurinda.
  • Selanjutnya kita buka dengan hati-hati ketok pada bagian bekas gurinda dengan pahat untuk membantu memutus kaleng tutup kompresor yang belum tembus tadi, setelah terputus semua ketok ke bawah sesuai tanda panah ke kanan  dan kiri secara bergantian sampai tutup bagian atas kompresor terlepas, hasilnya seperti gambar di bawah.

  • Bila keadaan kompresor sudah terbuka berikan oli pelumas pada bagian as piston, lakukan pengecekan pada piston apakah masih bekerja dengan baik atau harus ada yang perlu di ganti.
  • Ketok dengan pelan pada piston lalu gerakan ke kanan dan ke kiri dan coba gerakan dengan tangan bila sudah lancar bisa anda mencoba menghidupkan kompresor dengan manual tanpa menghubungkan ke kulkas, cara mengerakan pistonya seperti gambar di bawah.

  • Ukur Ampere dan tekanan kompresor bila kompresor masih bagus maka bisa anda tutup dan las kembali tabung kompresor dengan menggunakan las seperti semula, usahakan proses pengelasanya jangan sampai ada yang bocor untuk memperlancar waktu pengisian gas freon.
Demikian ulasan tentang memperbaiki kompresor yang macet semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan annda, selamat bekerja sukses menemani pekerjaan anda.

Komentar

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Posting Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik