Ticker

6/recent/ticker-posts

Kulkas Yang Tidak Dingin Ada Beberapa Penyebabnya - RADES BLOG

https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Kulkas memang sudah ta,asing lagi di kalangan masyarakat luas dan bukan lagi salah satu barang mewah, perabotan ini sudah umum di miliki oleh kalangan menengah sampe kalangan bawah sekalipun.
Kulkas adalah salah satu perabotan yang memberikan suhu dingin untuk penyimpanan berbagai macam makanan.

Kulkas adalah berfungsi untuk pengawetan makanan sehingga makanan bisa bertahan lebih lama sebab suhu dingin dapat menghambat perkembangan bakteri yang dapat membusukan makanan tersebut.


Kulkas terkadang memiliki masalah - masalah yang menyebabkan kulkas tidak berpungsi, kendala seperti ini mungkin ada berbagai macam penyebabnya dan mari kita simak sebagai berikut.


Penyebab-Penyebab  Kukas Tidak Berpungsi

Kulkas adalah memiliki peralatan elektronik yang mestinya membutuhkan perawatan berkala agar tetap awet dan berjalan dengan normal.

Peralatan elektronik kulkas terletak di bagian belakang yang mungkin jarang kita rawat dan di kontrol setiap saat, kulkas bisa bermasalah karena memang sudah lama di gunakan.

Bagi anda yang belum paham dalam masalah kulkas mungkin merasa bingung untuk mengatasi permasalahan yang sedang anda hadapi, mari simak ulasanya sebagai berikut.

1.  Pengaturan suhu tidak tepat ( Thermostat )

Kompresor pada kulkas adalah salah satu bagian utama pada peralatan kulkas, kompresor berpungsi untuk memompa freon, untuk mengubah tekanan rendah menjadi sebuah tekanan tinggi.
Kompresor bisa dikatakan jantungnya kulkas tanpa kompresor kulkas tentunya pendinginan tidak akan terjadi.
Tugas kompresor di dalam kulkas bekerja sesuai perintah pengatur suhu yaitu Thermostat bila keadaan suhu sudah tida dingin sesuai dengan pengaturan traimer di dalam kulkas thermostat akan menyalakan kompresor dan jika suhu sudah dingin maka thermostat otomatis akan mematikan kompresor.


Pastikan thermostat dalam posisi normal dan bila keadaanya dalam posisi off maka kulkas tidak akan bekerja.


2.  Terlalu Banyak bunga es 

Terlalu banyak bunga es tentunya akan menggangu sirkulasi pendingin yang menyembur melalui lubag bagian atas kulkas, akibatnya kulkas tidak akan bekerja dengan normal.
Bunga es harus segera di bersihkan dengan memutar thermostat dalam posisi off, biarkan kulaks dalam jeda beberapa jam sambil pintu kulkas sedikit di buka untuk mempercepat pencairan bunga es didalam kulkas.

Usahakan bunga es terkelupas dengan sendirinya jangan di congkel dengan benda yang tajam akan menyebabkan kebocoran pada pipa kafiler kulkas yang akhirnya kulkas akan rusak dan tidak dingin.
Proses perbaikanya yang bocor perlu di tambal dan penambahan freon-pun harus di lakukan, proses ini tidak bisa di lakukan dengan sendiri harus dilakukan oleh tukang servis kulkas yang memahami tentang pengukuran tekanan freon di dalam kompresor, masalah ini mungkin harus ada rupiah yang di keluarkan yang terbilang mahal.

3.  Kerusakan pada trimer pengatur suhu

Tanda tanda kerusakan trimer Defrost adalah cepatnya tibul bunga es di dalam priser, trimer memiliki pungsi untuk mengatur tinggi rendahnya suhu sesuai kebutuhan.
Kerusakan terimer akan mengakibatkan kompresor cepat aus dan bekerja tanpa berhenti dan bunga es-pun menumpuk banyak menghalangi lubang udara ke bagian bawah sehingga pendinginan tidak setabil.

4.  Kondisi karet pintu yang sudah rusak

Karet pintu yang sudah rusak itu juga saah satu penyebab kulkas kurang dalam proses pendinginan, dikarnakan udara dari dalam kulkas akan keluar dan proses pendinginan tidak akan berjalan normal.

5. Listrik yang kurang setabil

Kompresor bekerja di gerakan oleh tegangan listrik, bila tegangan litrik tidak setabil maka kompresor tidak akan berjalan dengan baik maka proses pendinginan akan berkurang bahkan tidak dingin sama sekali.

Penyebab tegangan listrik tidak setabil adalah , kabel penghantar listrik kurang berkualitas, kabel penghantar terlalu kecil, ground atau masa listrik tidak tersambung dengan baik dan memang daya listrik lagi banyak pemakaiyan.
Solusi untuk mengatasi listrik yang tidak setabil " gunakan setabilizer" untuk penyetabilan tegangan bisa anda dapatkan di toko-toko elektronika.

6. Kompresor tidak berpungsi atau rusak

-  Sebelum melangkah pada kompresor yang rusak atau mati sama sekali kita cek dulu di bagian Overload       Protector dan juga Relay yang posisinya menempel pada kompresor.
-  Cek bagian Capasitor terkadang kompresor tidak berfungsi Capasitor mati atau lemah.
-  Cek kabel yang menuju Kompresor barang kali ada kabel yang terputus akibat di gigit tikus.
-  Cek songket yang menuju rilay biasanya longgar atau terlepas.



Kerusakan kompresor bisa kta cek dengan mendengarkan suara pada kulkas ciri -ciri kompresor rusak adalah sebagai berikut.


  • Kompresor terasa dingin atau mati
  • Kompresor mengeluarkan suara dengung dan panas yang berlebihan
Demikian rangkaiyan kerusakan kulkas semoga menambah pengetahuan anda dan dapat membantu memecahkan masalah anda yang sedang di hadapi  selamat bekerja sukses untuk anda.

Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik