Ticker

6/recent/ticker-posts

Memperbaiki Genset Tidak Mengeluarkan Tegangan Listrik - RADES BLOG

https://sritaniadwilestari.blogspot.com/

RADES BLOG - Genset adalah suatu kebutuhan alternatif dimana kita di gunakan pada waktu pemadaman listrik dari PLN. Genset memiliki pungsi sebagai penggati tegangan listrik yang di buat secara lokal untuk memenuhi suplay listrik untuk menghidupkan berbagai macam elektronik penting yang harus ada dalam mengerjakan pekerjaan seperti komputer, mesin poto copy, penerangan, menghidupkan pompa air dan lain-lain sebagainya.

Genset sering memiliki kendala dalam pengoprasianya dan membuat kita bingung untuk mengatasinya, nah sekarang saya akan membahas tentang permasalahan genset tidak mengeluarkan tegangan dan mari kita simak sebagai berikut:

Pertam yang perlu anda lakukan adalah:

1. Cek apakah breaker sudah anda naikan
2. Ukur pada terminal output barker antar phase harus sekitar 380-400 volt (R-S), (R-T), (S-T) ataupun         220-240 antara phase ke netral (R-N) (S-N) (T-N) pada generator 1 phase harus sekitar 220V.
3. Jika breaker sudah di naikan tetapi tegangan tidak keluar adakemungkinan bahwa kabel power dalam           keadaan short (terhubung langsung) short itu terjadi sebelum genset menyala untuk melindungi generator         genset dari kerusakan, akan tetapi lain dengan genset yang berukuran kecil yang menggunakan avr model       kiprox / inverter atau sejenisnya dimana input generator frekwensi tinggi tegangan rendah di ubah menjadi       220 ,50Hz umumnya pada genset kecil di jamin langsung KO,tetapi bila terjadi saat genset menyala dapat     mengakibatkan kerusakan fatal.
4. Sejauh ini sudah benar akan tetapi masih saja enggak mau keluar tegangan kemungkinan besar ada               permasalahan pada AVR.

Jika sudah melakukan pemerksaan pada AVR akan tetapi tetap bermasalah, permasalahan ini bisa juga terjadi pada rotating diode di exciter, sebaiknya anda mengambil tindakan mengganti diode dengan yang baru.


5. Penggantian dioda sudah di lakukan akan tetapi genset membandel dan tetap bermasalah  lalu                       pemeriksaan apalagi yang harus di lakukan, bisa di rotor ataupun setator, bisa juga gulungan " main rotor"     bermasalah bisa juga gulungan "main setator" bermasalah.



6. Sering terjadi pada kerusakan genset yang di kibatkan hal yang sangat sepele yang tidak mungkin itu terjdi     terkadang lupa pada pengecekan kabel penghubung tegangan yang gosong akibat terlalu panas akibat           beban yang di gunakan  melebihi maximum.


Segeralah lakukan penggantian dengan kabel setandar SNI dan berbahan tembaga dan gensetpun akan kembali normal.

Sampai diini bahasan kali ini semoga dapat menambah pengalaman baru dalam mengatasi permasalahan genset, semoga bermanfaat.

Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik