Ticker

6/recent/ticker-posts

Perawatan Kulkas Dan Cara Penggunaanya - RADES BLOG


https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Kulkas adalah salah satu kebutuhan keluarga mungkin di setiap rumah sudah memilikinya, kulkas adalah memiliki pungsi untuk pengawetan makanan, sayuran, daging dan juga untuk mendinginkan berbagai macam minuman.

Kulkas memiliki berbagai macam pungsi untuk penggunanya selain untuk mengawetkan makanan juga kulkas bisa di gunakan untuk pembuatan es batu.
Dengan multi pungsi dan berbagai macam manpaat kegunaan kulkas sangat cocok untuk kebutuhan utama dalam rumah tangga, dan tidak heran semuanya ingin memilikinya.

Bila anda sudah memiliki kulkas sangat penting pengetahuan dan cara merawatnya agar kulkas dapat di gunakan awet dan tahan lama, hal ini perlu pemahaman dalam menggunakanya.

Cara perawatan dalam menggunakan lemari es (Kulkas)

Ok, Dalam pembahasan awal, saya akan membahas tentang cara perawatan dalam penggunaan kulkas agar tetap dingin dan aawet tahan lama.

1. Membbersihkan bunga es dalam priser secara berkala

Membersihkan bunga es yang menumpuk pada bagian priser penting kita lakukan agar tidak terjadi sumbatan sumbatan pada lubang pendingin yang masuk ke dalam priser.

Untuk membersihkan bunga es dalam priser tidak di perbolehkan menggunakan alat-alat yang tajam dikarnakan akan mengganggu pipa-pipa kapiler atau terusuk menjadi bocor akibatnya kulkas tidak dingin.

Biarkan bunga es terkelupas dengan sendirinya dengan mematikan kulkas dalam beberapa waktu sampai bunga es mencair.

Dalam waktu pembersihan kulkas barang yang ada di dalam kulkas harus di keluarkan semua untuk menjaga rendaman air dari bunga es dalam priser yang mencair.

Cuci bersih peralatan kulkas dengan diterjen pencuci piring untuk menghilangkan sisa kotoran yang menempel dan bau yang tertinggal dalam kulkas.

Setelah pembersihan selesai kulkas hidupkan kembali biarkan kulkas hidup dalam keadaan kosong, dengan waktu 15 menit dan selanjutnya masukan kembali barang yang di keluarkan tadi untuk di tata ulang dengan benar.

Hindari beban kulkas yang berlebihan sehingga kulkas terlalu penuh sehingga pintu susah untuk di tutup.

2.  Penempatan dan posisi kulkas

Penempatan kulkas harus diperhatikan posisi kulkas harus benar seimbang untuk menghindari suara grotok-grotok pada waktu kulkas hidup dan juga mati.

Jangan tempatkan kulkas pada  tempat yang memiliki posisi miring, untuk penyeimbangan kulkas agar posisi tetap rata anda bisa mengatur kaki kulkas dengan cara si putar kanan kiri.

Menempatkan kulkas jangan terlalu dekat dengan dinding tembok jaraknya sekitar 30 cm dari dinding.

3. Pengaturan Trimer dalam penggunaan sehari-hari

Pengaturan trimer dalam sehari-hari harus selalu kita atur guna untuk penghematan daya listrik yang kita gunakan.

Bila keadaan kulkas dalam keadaan kosong pengaturan trimer jangan terlalu besar sebab akan menyebabkan timbul bunga es yang berlebihan, putar trimer pada posisi 2 atau 2,5 bila kulkas dalam keadaan kosong atau isi  muatan kulkas sedikit.

Atur trimer dalam posisi tinggi bila anda sedang membuat es dalam priser biasanya trimer dalam posisi 5,6,7 tergantung kemampuan kulkas yang kita miliki.

Hindari memasukan barang yang masih panas dalam kulkas sebab akan mempercepat kerusakan pada kulkas yang kita miliki.

Bila makanan masih panas biarkan dingin dulu dan sesudah dingin baru anda masukan ke dalam kulkas.

4. Kelistrikan Kulkas harus di perhatikan dalam penempatan Kulkas

Hindari Listrik yang bermasalah seperti ketingan dengan jarak jauh dengan menggunakan kabel yang berkualitas rendah sebab akan mengakibatkan turunya tegangan menjadi tegangan rendah yang mengakibatkan kerusakan pada kulkas anda.

Gunakan kabel yang berkualitas sebagai penghubung listrik menuju kulkas.

Gunakan Stecer Stop Contak kulkas yang berkualitas tinggi untuk menghindari panas dan akan menyebabkan hubungan arus pendek listrik.

Gunakan setabiliser listrik untuk menyetabilkan arus listrik yang terkadang turun naik.

Cabut setiker colokan listrik bila keadaan hujan deras untuk antisipasi dari petir yang akan menyebabkan kerusakan semua perangkat kulkas.

5. Yang harus di perhatikan pada waktu memindahkan Kulkas ke tempat lain yang berjauhan

Dalam rumah tangga terkadang ibu-ibu memiliki hobi dalam menata ruangan terkadang membosankan bila posisi ruangan hanya itu-itu saja, penempatan kulkas pun ikut dalam pembaharuan suasana ruangan yang baru, apalagi bila keadaan rumah sedang di renopasi itu sudah tentu kulkas harus di pindahkan ke tempat lain dimana kita tingagal untuk sementara.

Dalam perpindahan kulkas itu kita butuh pengetahuan dan tips untuk memindahkanya, jangan sampai kulkas kita rusak akibat kecerobohan dalam pemindahanya.

Mari kita simak sebagai berikut:

Dalam pemindahan kulkas memiliki aturan yang sebenarnya tidak sepele, namun bila keadaanya salah kulkas anda akan mengalami masalah setidaknya harus di perbaiki.
Langkah pemindahan kulkas adalah posisi kulkas tidak boleh dalam keadaan terbalik posisi atas berada di bagian bawah, atau dalam posisi miring hal ini juga sangat berpengaruh pada kualitas kulkas ada.

Posisi kabel colokan kulkas usahakan jangan tergeletak pada lantai bila keadaan lebih bisa di ikat dengan ripet atau kabel, hal ini salah satu trik menghindari dari gigitan sang tikus.

Ada pun trik yang kedua jangan terlalu dekat dengan dinding dengan katalain harus ada jarak anatra dinding dengan kulkas hal ini juga untuk menjaga tikus terlalu nyaman untuk menjaili kabel-kabel kulkas anda.

Adapun manfaat lain  dari pola  seperti di atas seperti, dari segi kebersihan akan memudahkan untuk membersihkan bagian belakang kulkas, sehingga bagian belakang kulkas akan terkontrol setiap saat.

Demikian bahasan tentang perawatan kulkas semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi ibu-ibu yang belum mengetahuinya, sampai jumpa di pembahasan kulkas yang lainya, salam hangat dan semoga sukses menemani aktifitas anda.

Komentar

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Posting Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik