Ticker

6/recent/ticker-posts

Memahami Kerja Setavol Atau Setabilizer - RADES BLOG


https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Apakag anda sudah mengenal yang namanya setabilizer?
Setabiliser atau bisa di sebut setavol adalah salah satu alat untuk penyetabil tegangan listrik yang kita gunakan, dengan alat ini egangan yang biasanya turun naik dari output setabilisator ini mengeluarkan tegangan 220v v dengan normal tidak naik turun.

Pemahaman apa itu setabilizer listrik

Setabilizer adalah salah satu komponen listrik yang berfungsi untuk mensetabilisasi agar tegangan listrik setabil dan tidak turun naik.
Setabilizer listrik ini sangatlah penting karena aliran arus listrik dari PLN seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan beban daya elektronik yang kita gunakan.

Setandar daya listrik di Indonesi memang benar 220 V namun seringkali arus yang masuk tidak tepat 220 Volt, konsekuwensinya peralatan elektronik tidak bisa bekerja secara normal.

Listrik turun naik memang sangat berpengaruh pada peralatan elektronic yang kita miliki, seperti komputer bila keadaan listrik tidak setabil atau seringnya mati mendadak sudah jelas pasti akan cepat rusak, begitu pula pada alat elektronika yang lainya.

Apa fungsi setabilizer listrik

Pungsi utama dari setabilizer listrik di dalam rumah tangga adalah dapat mrmper panjang umur electronik yang anda gunakan. Beberapa peralatan alat elektronika  yang anda selamtkn dengan alat ini, misalnya televisi, kulkas, pendingin ruangan.

Setavol memiliki dua jenis

Jenis setavol memiliki dua jenis dan dapat di bedakan dengan cara kerjanya dalam mensetabilkan daya listrik, jenisnya itu adalah:

1.  Jenis relay
2.  Jenis motor servo.

Setavolt jenis relay

Pada setavolt jenis relay adalah di lengkapi dengan beberapa komponen relay yang berfungsi untuk menghubungkan output yang keluar dari travo untuk mendapatkan tegangan 220 V.





Setavol jenis servo motor

Pada setabilizer jenis motor menggunakan sebuah coil setabilizer ( terapo yang berbentuk bulat atau troid )
yang di hubungkan dengan sebuah carbon brass, karbon brass yang akan bergerak fleksibel pada kontak terapo tergantung besar kecilnya input setabilizer.

Setavol motor ini memiliki kelebihan dalam penyesuaiyan tegangan output AC yang di hasilkan karena dengan kontrol motor naik turun 1 atau 2 lilitan tergantung besar kecilnya input PLN.




Mengatur menaikan atau menutunkan tegangan output setavol

Pada kesempatan ini juga saya akan membahs tentang cara menaikan dan menurunkan jika output setavol tegangan yang keluar kurang pas.
Dalam setapol motor servo memiliki komponen elektronika yang memiliki gain control untuk menaikan dan menurunkan teganganyang di inginkan yaitu 220V.

Komponen elektronika ini yang di tempel si bagian dudukan terapo yang berfungsi untuk mengatur pergerakan motot sesuai dengan input tegangan PLN, bila tegangan dari input AC kurang maka komponen ini akan bkerja memerintah motor untuk menaikan tegangan sesuai penyetingan gain kontrol yang kita sesuaikan pada tegangan 220V.




Untuk penyetingan voltase sampai mencapai tegangan 220 volt anda cukup memutar gain control ke kanan untuk menaikan bila keadaan kurang dan ke kiri untuk menurunkan bila keadaan kurang.
Keberadaan gain control yang saya maksud berada di komponen electronika yang di beri tandamerag pada gambar di atas.

Demikian ulasan tentang pemahaman setavol setabilizer semoga dapat bermanfaat dan sumber pengalaman baru untuk anda semua.

Komentar

  1. Admin izin promo ya ^^
    Yuk join sekarang dan pasang taruhan mu hanya di i0nqq*c0m
    WA : +855 1537 3217 *Sedia deposit pulsa juga (min 25rb)

    BalasHapus

Posting Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik