Ticker

6/recent/ticker-posts

Begini Caranya Memperbaiki Pompa Air Submersible - Rades Blog




RADES BLOG - Jenis pompa submersible adalah salah satu jenis pompa yang di tanam dalam air, pompa ini sering di gunakan pada proyek-proyek besar yang membutuhkan debit air yang cukup besar.

Sekarang pompa submersible sudah bnyak di temukan di toko - toko elektronik dari berbagi macam merek dan ukuranyapun sangat beragam tingal memilih sesuai dengan kebutuhan yang akan kita gunakan.
Dari berbagai macam produk pompa air submersible ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Sekarang dari pompa submersible sudah banyak di gunakan di kalangan rumahan, selain pemsangnya cukup mudah dan juga debit air yang di keluarkan cukup besar.

Nmun dalam hal kelebihan yang di miliki pompa air submersibli sudah pasti akan memiliki kekurangan bahkan pompa ini kalau sudah lama di gunakan sudah pasti akan mengalmi keruaskan.

Lalu bgai mana cara memperbaiki pompa air submersible? mari simak sebagai berikut:

Pada kesempatan kali ini saya akan berbgi dengan pengalaman saya di lapangan tentang pompa air submersible ynang mati tidk bisa memompa air dari sumur ke permukaan, keadaan pompa hanya mengeluarkan bunyi dengung tapi tidak berputar.

Lalu apa penyebabnya itu terjadi? bagai mana cara memperbaikinya? dan boleh anda simak tahap demi tahap langkah-langkah untuk mengatasinya.

  1. Tahap pertama yang perlu anda pahami adalah cara kerja pompa air submersible yang akan kita perbaiki.
  2. Megenal pungsi alat-alat yang ada pada pompa air submersible.
  3. Cara membongkar dan melepas bagian alat yang akan kita perbaiki.
  4. Harus tepat sasaran dalam penggantian alat dan mampu mengenali kerusakan dilihat dari pisik, problem yang terjadi lalu perbaikan.
  5. Spareparet yang akan kita ganti harus sesuai dengan aslinya di usahakan menggunakan alat yang orizinal.
Untuk mengetahui bagian-bagian dari pompa air submersible boleh anda simak gambar di bawah:


1. Check Valve

Di setiap pompa air sudah di lengkapi check valve memiliki fungsi untuk menutup air agar tetap berada dalam pipa tidak turun lagi ke bawah.

2. Impellers

Impelers adalah salah satu kipas yang mendorong air dari dalam sumur ke penampungan air.

3 Seal

Seal adalah salah satu karet yang posisinya berada pada as pompa untuk menahan air agar tidak masuk ke bagian kumparan gulungan sepul elektik.

4. Motor elektrik

Motor elektik adalah rangkaiyan gulungan sepul yang memiliki fungsi sebuah penggerak dengan rotasi putaran yang sangat tinggi untuk memutar impellers yang mendorong air ke atas permukaan.

Untuk pengecekan penyebab pompa air submersible hanya bunyi dengung tidak berputar bisa anda cek sebagai berikut:

  1. Cek kapasitor biasanya kapasitor jebol atau putus jadi tidak bisa memberikan penghantar arus ke kumparan setar hal tersebut pompa tidk akan berputar, jika kapasitor rusak atau putus ganti dengan kualitas yang baik dan dengan nilai yang sama.
  2. Cek kabel yang menuju ke pompa biasanya salah satu kabel ada yang terputus gunakan multi meter dengan posisi x1. kabel yang di gunakan untuk pompa air submersible biasanya terdiri dari empat kabel ( 1 ) kabel hijau + kuning adalah Groun ( 2 ) Coklat penghantar arus listrik dari kapasitor menuju kumparan setar ( 3 ) biru  arus listrik masa langsung ke motor, ( 4 ) hitam arus listrik langsung ke motor.
  3. Cek kumparan gulungan yang ada di motor barang kali ada yang putus atau gosong terbakar.
  4. Cek laher biasanya terjadi macet karena lama tidak di gunakan.
  5. Cek tegangan listeik apakah mencapai 220volt.
  6. Cek impelers lakukan perawatan berkala bisanya ada endapan lumpur yang menjadi penyebab impeler macet.
Demikian ulasan kali ini semoga bermanfaat.

Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik