Ticker

6/recent/ticker-posts

Sekema Cara Menggulung Motor Pompa Air Submersible Untuk Pemula - Rades Blog



https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara penggulungan pompa air submersible, sebenarnya kerusakan pada gulungan ini sebagian orang memang mengganti pompa air nya dengan yang baru namun sebagian orang memilih untuk menggulung ulang pompanya itu untuk menghemat dan memanfaatkan pompa air yang ada.

Penggulungan pompa air sebenarnya dari semua jenis dan merek memiliki dasar sekema yang sama, namun perbedaanya ukuran kawat sepul dan banyaknya kumparan yang membedakan spesifikasi daya tergantung keren dan jenis pompa yang akan kita gulung.

Dalam penggulungan pompa air memang kita harus memiliki pertimbangan kondisi pompa yang akan kita gulung, yang pertama pisik casing pompa masih layak di gunakan yang kedua keadaan water pump masih dalam ke adaan baik sudah pasti hasilnya pun akan baik.

Sebaliknya bila keadaan pompa sudah tidak layak di gunakan lagi saran saya mendingan ganti saja pompa anda dengan yang baru.

Dalam service pompa air memang kita harus penuh perhitungan dan pertimbangan dengan kondisi yang ada, bila seandainya semuanya sudah memungkinkan dan penggulungan pompa siap di lakukan yang perlu anda persiapkan adalah:

  1. Kawat sepul tembaga
  2. Pelastik mika anti panas
  3. Cairan pernis angker lak
  4. Gunting
  5. Benang nilon untuk pengikat sepul
  6. Solder
  7. Tinol
Sebelum penggulungan di mulai untuk para pemula silahkan simak penjelasan tentang penggulungan motor pompa air sebagai berikut:

Gulunan dalam pompa air terbagi 2 jenis gulungan, gulungan yang pertama adalah gulungan utama sedangkan gulungan yang kedua adalah gulungan pembantu yang berfungsi untuk setar.

Jumlah lilitan bantu yang saya contohkan menggunakan 8 alur kutub x2 = 16  terdiri dari 8 alur memiliki lobang dalam keren berdiri sendiri sedangkan yang 8 alur lagi bersatu dengan alur gulungan utama yaitu pada alur no 3,4,9,10,15,16,21,22 lilitan yang saling menumpang adalah pada 2 lilitan terkecil pada tiap kutub dan untuk lebih jelasnya silahkan simak gambar berikut:


Demikian semoga bermanfaat dan bisa di pahami untuk di terapkan dalam penggulungan motor pompa air anda.

Komentar

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*com x-)
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup. ;-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik