Ticker

6/recent/ticker-posts

Memperbaiki Mesin Cuci Memutar Searah - RADES BLOG

https://sumbertananaman.blogspot.com/

RADES BLOG - Mesi cuci adalah salah satu alat rumah tangga yang berpungsi untuk mencuci  dan sudah di miliki dari kalangan atas sampai kalangan bawah.
Banyak mesin cuci yang saya kunjungi di lapangan  memiliki masalah yang berbeda-beda ada yang mati total, ada yang hanya bagian pengeringnya tidak hidup, dan banyak masalah-masalah yang saya temukan.
Kali ini yang saya akan jelaskan kerusakan mesin cuci dua tabung yang memiliki masalah bagian pencucian yang sepin atau berbutar hanyalah searah, dalam masalah seperti yang saya temukan ini banyak sekali penyebabnya, dan mari kita simak satu persatu, dan mari simak setelah gambar di bawah ini.


Kabel Dari Trimer Salah Satu Ada Yang Putus

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memeriksa kedua kabel yang menuju ke Capasitor, sebelumnya silahkan anda buka tutup belakang mesin cuci, lalu periksa kabel yang menuju kapasitor di bagian dinamo pencucian, biasanya kabel yang di gunakan adalah kabel berwarna kuning atau merah, atau coklat dan abu-abu ke empat warna kabel tersebut warna dominan yang di gunakan untuk bagian dinamo pencucian.
Biasanya kabel yang  pasangkan itu sebagai berikut:

  • Kuning dengan merah
  • Kuning dengan abu-abu
  • Kuning dengan coklat
Warna kabel di atas pasti akan terlihat bila anda memeriksa bagian dinamo pencucian yang pasti di salah satu pasangan kabel di atas akan anda temukan salah satunya.
Sedangkan kabel dinamo untuk bagian pengeringan yang di gunakan warna  biru dan merah atau biru dan hijau saja.

Lalu bagai mana cara memeriksa keadaan kedua kabel bagian pencucian baik - baik saja atau ada masalah di antara kedua kabel itu silahkan anda simak penjelasanya:

1. Pertama cabut setecker listrik dari setop contak untuk ke amanan anda dari sengatan listrik, silahkan buka     pembungkus sambungan kedua kabel yang tersambung ke capasitor di dinamo pencucian.
2. Gunakan Avo meter untuk mengeceknya( Arahkan kenop avo meter ke bagian pengukuran AC             menunjukan ke 500 Volt)
3. Sambungkan ke kabel warna biru salah satu setik Avo Meter sedangkan setik avo meter yang satunya lagi     anda sambungkan ke bagian kabel yang menuju capasitor dan biarkan dulu jangan di lepas, lalu colokan       kabel setecker AC ke bagian setop kontak lalu anda coba putar bagian trimer mesin cuci, (hati- hati             jangan anda sentuh kabel yang manapun untuk menghindari sengatan listrik ) kemudian perhatikan jarum       Avo meter bila se andainya bergerak kabel itu baik - baik aja alyas tidak bermasalah.
4. Langkah selanjutnya sebelum memindahkan setik avo meter kebagian kabel yang satu lagi jangan lupa           cabut lagi setecker listrik yang tadi kita colokan sesudah aman lalu pindahkan kabel setik avo meter     ke bagian yang satunya lagi, di sarankan kabel setik yang di hubungka ke kabel biru biarkan seperti tadi.
    Sesudah itu kemudian colokin lagi setecker listriknya ke setop kontak kemudian putar kembali trimernya       dan lalu perhatikan jarum Avo meter ber gerak atau diam saja, di situ akan mendapat satu kesimpulan           yatitu :
  • Perhatikan jarum avo meter,keadaanya bergerak di kedua kabel yang menuju kapasitor, berarti trimer dan kabel  ke bawah  baik- baik aja atau tidak memiliki masalah. Kesimpulanya salah satu kabel yang menuju ke dinamo biasanya  sambungan berkarat atau penyambunganya kurang sempurna yang di sebabkan suhu dingin dinginan di ruang mesin cuci, setelah di sambung ulang akan normal kembali.
  • Kesimpulan yang ke dua bila keadaan jarum avo meter hanya bergerak di salah satu kabel saja ada kemungkinan kerusakan di bagian trimer atau kabel putus sebelum arus sampai ke bagian kapasitor langkah perbaikanya silahkan simak  setelah gambar trimer berikut ini:

Langkah perbaikan untuk penggantian kabel yang putus dari trimer yang menuju ke bawah adalah buka terlebih dahulu dop bagian atas mesin cuci, kemudian cari warna kabel yang sudah di tentukan putus dari hasil pengecekan tadi biasanya yang umum banyak di temukan di lapangan putus kena gigitan tikius, lalu potong dan ganti kabel yang berkualitas terbuat dari tembaga, lalu sambung dengan solder dan di isolasi dengan solasiban agar tidak bocor.

Kerusakan Pada Bagian Trimer

Kerusakan mesin cuci memutar hanya se arah bisa juga paktor penyemabnya kerusakan pada trimer, untuk perbaikanya hanya dengan mengganti trimer dengan jenis yang sama untuk mempermudah pemasanganya, sedangkan penggantian dengan jenis yang lain mungkin anda perlu memahami daya kerja trimer dan paham dalam teori kerja mesin cuci.
Didalam perbaikan mesin ccuci yang memiliki kerusakan pada trimer baik di bagian pengering maupun di bagian pencucian jangan memperbaiki trimer yang ke adaanya sudah rusak sebab kedepan masalah akan timbul kembali, gantilah trimer dengan yang baru dan memiliki kualitas yang bagus.

Sampai di sini ulasan mesin cuci yang berputar hanya satu arah selamat mencoba semoga menambah pengetahuan yang baru untuk anda, selamat bekerja.

Komentar

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  2. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik