Ticker

6/recent/ticker-posts

Atasi Masalah Belender Mati Tidak Mau Berputar - RADES BLOGER


https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOGER - Belender adalah salah satu alat elektronik yang di lengkapi dengan sebuah pisau yang berputar, yang memiliki pungsi untuk mengaduk, mencapur, menggiling dan melunakan, pisaunya yang berbentuk baling - baling yang berbentuk pendek yang terpasang di bawah wadah.



Belender di gerakan dengan tenaga dinamo motor yang di lengkapi dengan pengatur kecepatan dengan menekan tombol yang memiliki nomor biasanya dimulai dari 0 sanpi 3 bahkan juga sampai 5.

Semua peralatan elektronik semuanya memiliki epek kerusakan tergantung kita yang menggunakan dan juga cara merawatnya.
Untuk perawatan belender memiliki hal yang perlu anda ketahui yaitu :

  1. Bersihkan setiap kita habis menggunakanya agar terhindar dari kototan yang menggupal di bagian as pisau, kalau di biarkan mengering akan mengakibatkan pisau mejadi macet.
  2. Perhatikan karet sil bagian wadah gelas kalau rusak akan mengakibatkan bocor air akan masuk ke bagian dinamo listrik.
  3. Jangan di beri beban yang berlebihan disarankan gunakan sesuai dengan kemampuan belender.
  4. Simpan di tempat yang kering dan belender di bersihkan atau di keringkan terlebih dahulu sebelum di simpan.

Dari hal-hal di atas mungkin akan membantu menjaga dari segala kerusakan dan kesetabilan belender anda jika akan di gunakan kemudian hari.

Bagaimana cara memperbaiki dari gejala belender mati total?

1.  Periksa kabel AC ( Sebagai penghubung arus listrik )

Siapkan peralatan obeng untuk membuka tutup bagian bawah belender, lalu cek kabel ac dengan menggunakn avo meter kalau memang kabelnya rusak ganti dengan kabel yang berkualitas baik.



2.  Sakar ( Rusak )




Saklar memiliki pungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik namun didalam belender memiliki dua pungsi yaitu memutus, menghubungkan dan mengatur kecepatan.
Kerusakan pada saklar belender biasanya pada bagian otomatis tombol yang sudah tidak berpunsi, kerusakanya biasanya terdapat karat pada bagian per otomatis karena percikan air pada waktu di gunakan.

3.  Bagian kawat sepul rusak





Sepul pada bagian belender perangkat utama yang berpungsi untuk memutar pisau didalam glas wadah belender, Bila sepul keadaanya putus atau terbakar maka belender sudah tidak bisa di gunakan lagi dan harus di ganti dengan tipe dan model yang sama.


4.  Batu kul ( sikat arang )



Batu kul adalah penghubung arus listrik untuk menyuplay perputaran arus listrik menuju angker dan menghasilkan gelombang magnet yang mendorong keren angker yang menghasilkan gerakan putaran.
Bila keadaan kul sudah aus dan rusak maka blender akan memiliki gejala mati total, gantilah batu kul dengan bentuk dan ukuran yang sama.


5.  Tombol di bagian gelas rusak ( di belender merek PHILIPS)




Khususnya anda memiliki blender  merek Philips di bagian bawah gelas terdapat tombol yang berpungsi untuk menghubungkan arus listrik.

Tombol ini berpungsi bila keadaan gelas di pasang dan gelas di putar maka tombol akan berpungsi dan arus listrik pun akan terhubung ke belender.

Bila tombol itu rusak maka belender akan mati total, lakukan perbaikan atau ganti dengan model yang sama.

Demikian bahasan tentang belender yang mati total semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Haloo.. penggemar p0Ker
    I0nQQ*c0m - Komunitas 0nline terbesar di Indonesia, whatsapp +855 1537 3217
    Bisa dp via pulsa juga (min 25rb)

    BalasHapus

Posting Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik