Ticker

6/recent/ticker-posts

Memperbaiki Belender Dengan Gejala Hanya Berbunyi Dengung Saja - RADES BLOG

https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Belender adalah sebuah peralatan elektronika yang di gunakan dalam rumah tangga, alat ini sangat di butuhkan dalam penyajian berbagai macam makanan.
Belender bisa di gunakan untuk melumatkan bumbu, membuat juis, dan  lain-lain sebagainya, alat elektronika sebagai hal yang lainya dapat mengaami berbagai macam kerusakan.

Belender di buat dengan berbagai alat yang berhubungan dari yang satu dengan yang lainya dengan demikian bila salah satu alat di dalamnya ada yang mengalami kerusakan sudah tentu belender tidak bisa bekerja atau tidak bisa di gunakan.



Terjadinya kerusakan pada perangkat belender bisa saja karena lama tidak di gunakan dan juga bisa juga pada waktu sedang di oprasikan.

Apa yang terjadi bila belender lama tiak di gunakan? di antaranya ada beberapa faktor sebagai berikut:


  • Terjadinya kelembaban di dalam belender sehingga kawat sepul menjadi korosi dan rusak.
  • Timbulnya karat pada area  boss as dan terjadi kemacetan.
  • Masuknya kotoran atau debu yang menggumpal pada bagian arang batu sehingga terjadinya kerenggangan pada bagian angker.
  • Tombol pengatur kecepatan menjadi macet dan tidak berpungsi
Lalu apa kerusakan pada waktu belender di oprasikan ?

  • Beban yang di berikan terlalu berat sehingga dapat merusak pada karet yang menghubunggkan pisau dan mesin yang berada di bawah gelas belender.
  • Mesin terlalu panas akan mengakibatkan kerusakan pada bagian kawat sepul pada angker.
  • Batu arang habis sehingga arus listrik ke angker tidak terhubung.
  • Termostat rusak sehingga arus tidak terhubung pada belender ( termostat  alat pengukur panas bila panas terlalu berlebihan termostat otomatis akan memutus arus ac menuju sepul dengan tujuan sepul tidak terbakar ) kerusakan termostat bisa di akibatkan karena panas terlalu tinggi atau umur termostat sudah lama.



Sebelum melangkah ke bahasan selanjutnya mari kita simak sekema area perangkat yang ada pada belender agar anda cepat memahami dan mudah dalam melakukan analisa perbaikan dalam masalah kerusakan pada belender, simak gambar di bawah.

Dari semua yang telah kita bahas di atas mari kita melangkah ke tahap yang paling utama " Apa penyebab kerusakan pada belender dengan gejala hanya mengeluarkan suara engung saja ? "


  1. Tahap pertama kita coba untuk memutar secara mnual bagian baling baling belender apakah macet atau tidak, bila keadaan macet buka tutup bawah belender berilah pelumas pada bagian as atas dan bawah.
  2. Periksa tekanan dari per batu arang apakah terlalu kencang atau batu arang macet sehingga menempel tidak sempurna.
  3. Periksa kawat sepul dengan avo meter mungkin kawat sepul ada yang terbuka terjadi konsleting.
  4. Periksa kondisi angker mungkin terbakar sehinga tidak menghasilkan gelombang magnet tidak sempurna.
Demikian bahasan kali ini semoga menjadi sebuah petunjuk dalam mengatasi masalah kerusakan belender yang anda miliki, semoga bermanfaat.


Komentar

  1. Haloo.. penggemar p0Ker
    I0nQQ*c0m - Komunitas 0nline terbesar di Indonesia, whatsapp +855 1537 3217
    Bisa dp via pulsa juga (min 25rb)

    BalasHapus

Posting Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik