Ticker

6/recent/ticker-posts

Analisa Dan Pungsi Alat Dalam Mesin Cuci 2 Tabung - Rades Blog

 


https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Mesin cuci sudah umum di gunakan untuk membantu pekerjaan dalam rumah tangga khususnya ibu-ibu yang memiliki kewajiban dalam mengurus rumah.

Mesin cuci memiliki peran penting dalam mencuci sehingga dapat membantu dan mempercepat dalam pekerjaan terutama dalam mencuci, mencuci dengan mesin cuci terasa lebih ringan dibanding dengan manual.

Dalam mesin cuci memiliki alat penting yang saling berhubungan dan bila salah satu alat mengalami kerusakan tentunya mesin cuci tidak akan berpungsi.

Alat-alat tersebut memiliki pungsi dan tugas masing-masing, yang kita akan bahas kali ini tentang pungsi alat dan analisa pada alat itu sendiri, mari kita simak sebagai berikut.

1. Motor ( Dinamo )

Dalam mesin cuci dua tabung di lengkapi dengan dua motor yaitu yang pertama adalah motor pencucian, motor yang di gunakan dalam pencucian biasanya lebih besar di banding dengan pengeringan.



2. Penbel

Motor ini di lengkapi dengan puli untuk penbel yang berpungsi untuk menghubungkan motor dengan gear box yang berada di bawah tabung pencucian.


Penbel memiliki beberapa jenis ukuran  tergantung merek mesin cuci yang kita gunakan.

3. Gear box



Gear box adalah salah satu alat mesin cuci yang berada di bawah box pencucian yang di lengkapi dengan beberapa gear didalamnya sehingga beban motor bekerja lebih ringan.

Gier box memiliki as yang bergerigi yang di hubungkan pada kipas pencucian yang berada didalam box tempat pakaiyan di cuci.

4. Kipas pencuci



Kipas pencucian yang bekerja berputar bolak balik dalam proses mencuci sehingga kotoran yang menempel di baju dapat terlepas tersapu dengan semburan air dari kipas pencucian itu sendiri.

5. Motor pengering

Motor pengering berada tepat di bawah tabung pengering yang bersebelahan dengan tabung pencucian, motor pencucian berhubungan langsung dengan tabung pengering tanpa di bantu dengan penbel.

6. Kapasitor



Kapasitor memiliki pungsi untuk membantu setar di motor baik motor pencuci maupun motor pengeringan, kapasitor dalam mesin cuci dua tabung memiliki dua ukuran mikro dan memiliki 4 kabel dengan dua warna yang berbeda, yang pertama warna merah di hubungkan ke dinamo pengering yang memiliki ukuran 8 uf sedangkan kabel yang berwarna kuning untuk dinamo pengeringan yang memiliki ukuran 12 uf.

7. Trimer

Dalam mesin cuci dua tabung dilengkapi dengan dua trimer, pertama trimer untuk pencucian untuk mengatur waktu dimana bisa di putar sesuai keinginan tergantung beban dan jenis baju yang kita cuci.


Yang kedua trimer pengering yang berfungsi untuk mengatur waktu dalam proses pengeringan trimer ini hanya memiliki pengaturan satu arah sedangkan trimer pencucian  di lengkapi tombol kontak secara bergantian untuk mengatur rotasi bolak balik dalam proses sedang mencuci



Demikian bahasan kali ini semoga bermanfaat dan membantu mengenal tentang alat-alat dan fungsi alat itu sendiri.

Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik