Ticker

6/recent/ticker-posts

Atasi Mesin Cuci Dua Tabung Dengan Kerusakan Bagian Pengering Tidak Berfungsi - Rades Blog


https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Mesin cuci sudah dikatkan hal yang umum sudah pasti setiap rumah memilikinya, ini karena mesin cuci membantu mencuci pakaiyan bisa dilakukan dengan sendirinya cuma hanya memutar trimer atau menekan tombol mencuci sudah bisa di lakukan.

Ada dua jenis mesin cuci yaitu mesin cuci manual dan otomatis yang di lengkapi dengan perangkat modul yang di program dari mulai menekan tombol setar mengisi air lalu mencuci sampai mengeringkan bekerja secara otomatis, sedangkan mesin cuci manual dari mengisi air lalu mencuci dan memindahkan lalu mengeringkan di bantu dengan manusia.

Penyebab Pengering Mesin Cuci 2 Tabung Tidak Berfungsi

1. Kabel Putus

Ada beberapa hal yang menyebabkan pengering mesin cuci tidak berfungsi yang salah satunya kabel putus, hal ini bisa terjadi mungkin sambungan terlepas karena kondisi kabel sudah terlalu lama, kabel di gigit tikus, keadaan kabel sudah membusuk karena kualitas kabel tidak memadai.

Untuk mengatasi hal demikian silahkan anda buka dop atas mesin cuci dan dop belakang mesin cuci untuk melihat warna kabel dari mulai trimer bagian pengering sampai sambungan ke kapasitor dan motor bagian pengeringan silahkan cek dengan multimeter bila keadaanya putus silahkan sambung kebali dan bila keadaan kabel sudah rusak silahkan ganti dengan yang baru.

Selanjutnya bila anda kurang memahami dalam mengtasi hal demikian silahkan hubungi jasa servis mesin cuci terdekat untuk segera dilakukan perbaikan.

2. Kpasitor terbakar atau rusak




Bila kapasitor rusak atau terbakar maka akan menjadikn maslah motor tidak akan berfungsi, inipun salah satu penyebabnya adalah pemkaiyan terlalu lama, tegangan arus listrik kurng, umur kapasitor sudah lama di gunakan.

Untuk mengatasi kerusakan kapasitor rusak adalah dengan membeli kapasitor yang baru dengan ukuran 250v - 400v  8mf.

3. Tali rem pengering putus


Dalam pengering mesin cuci dua tabung di lengkapi dengan tali rem yang berfungsi untuk menghentikan bila proses pengeringan sudah selesai, tali rem di pasang di pintu pengering mesin cuci, bila pintu pengering di buka otomatis rem akan berfungsi.

Bila ke adaan tali rem putus maka rem akan terus menekan bagian puli motor pengering mesin cuci jadi motor tidak akan berfungsi.

Untuk mengatasi hal demikian silahkan lakukan perbaikan dengan mengganti tali yang baru.

4. Dinamo mesin rusak atau terbakar




Dinamo adalah alat utama dalam mesin cuci alat penggerak ini bisa aja terjadi kerusakan karena kemasukan air sehingga terjadi konsleting sehingga motor terbkar.

Karena umur mesin cuci sudah lama sehingga kawat sepul sudah korosi dan bocor yang mengakibatkan konsleting.

Salah satu kawat sepul terputus sehingga motor tidak sepin yang ditimbulkan hanya terdengar dengung saja, hal demikian perbaikan bisa aja di lakukan dengan membuka bagian motor dan menyambungan bagian kawat sepul yang putus maka motor akan sepin kembali.

5. Trimer pengering rusak


Trimer adalah salah satu alat mesin cuci yang berada di bagian dop atas mesin cuci yang di hubungkan dengan salah satu tombol putar dengan posisi paling kanan mesin cuci.

Fungsi trimer pengering mesin cuci adalah untuk menghubungkan arus listrik untuk menggerakan motor sekaligus mengatur waktu lamanya proses mengeringkan setelah proses pengeringan selesai otomatis akan menutup arus listrik yang masuk ke motor.

Bila keadaan trimer rusak maka proses pengeringan tidak bisa di lakukan, untuk mengatasinya ganti trimer dengan yang baru dengan bentuk dan jenis yang sama.

6. Suit door rusak



Dalam pintu pengeringan di lengkapi dengan suit yang berfungsi untuk memutus rus listrik yang masuk ke motor, bila pintu pengering di buka maka suit door akan memutus arus dan bila pintu pengering di tutup maka suit door akan menyambungkan arus kembali, bila ada kerusakan pada suit door maka pengering tidak akan berfungsi.

Untuk mengatasi kerusakan pada siut dor bisa anda buka dop atas mesin cuci bisa anda menyetingnya dengan mencoba membuka dan menutup pintu pengering lalu perhatikan tekanan tuas yang mendorong suit yang ada di atasnya bila ke adaan pintu di tutup tidak terhubung bisa anda dorong bagian plat suit sesui posisi bagian plat yang ada di bawahnya.

Bila keadaan suit sudah rusak tidak ada jalan lain dengan mengganti dengan suit yang baru.

Demikian ulasan tentang beberapa penyebab pengering mesin cuci dua tabung yang tidak berfungsi silahkan anda simak semoga bermanfaat.


Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik