Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengatasi Mesin Cuci Digital Satu Tabung Tidak Bisa Spin - Rades Blog


https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Mesin cuci adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk membantu mencuci pakaiyan, yang umum di miliki di setiap rumah baik kalangan atas sampai kalangan bawah pun mereka sudah memilikinya.

Ada dua jenis produk mesin cuci yaitu digital dan manual dari berbagai macam merek juga memiliki kualitaspun tergantung harga dan selera masing-masing. Dari dua jenis pruduk mesin cuci memiliki ke unggulan dan kelemahan tergantung kita yang menggunakanya.

Mesin cuci digital terbilang sulit dalam memperbaikinya daripada mesin cuci manual karena tipe ini memiliki sistem otomatis memiliki modul kontrol yang tidak mudah untuk di perbaikinya jika terdapat kerusakan pada bagian modulnya tersebut.

Dalam mesin cuci otomatis biasanya sudah di lengkapi sistem code error untuk memudahkan mengindentifikasi kerusakanya.


Mesin cuci satu tabung memiliki ke unggulan untuk memanjakan para penggunanya, mesin cuci bekerja sendiri dari mulai pengisian air sampai tuntas pencet tombol setar tunggu bunyi alarem bahwa penyucian selesai bisa langsung jemur.

Sedangkan mesin cuci dua tabung harus di bantu oleh penggunanya dari mengisi air putar trimer pencuci menguras memindahkan dan mengeringkan smpai jemur, namun demikian " itumah terserah mau pilih yang mana, enaknya yang mana, etamah tergantung isi dompet kita masing-msing.

Mengetahui Dan Memahami Cara Kerja Mesin Cuci Satu Tabung

Sebelum kita melanjutkan ke cara memperbaiki sebaiknya kita memahami dulu cara kerja mesin cuci satu tabung, bagi para teknisi sebelum memperbaikinya sudah tentu harus memahami tentang cara kerja dalam penggunaan mesin cuci itu sendiri supaya mudah untuk mengetahui dimana problem kerusakanya, selain itu para teknisi harus tau cara penggunaannya yang baik dan benar agar bisa menjelaskanya dalam mengoprasikanya.

Banyak istilah dalam mesin cuci 1 tabung seperti top loading dengan arti buka di atas dimana dalam memasukan pakaiyan kotornya lewat pintu atas.

Berikut satu demi satu cara kerja mesin cuci satu tabung simak sebagai berikut:

  1. Periksa setecker sudah terhubung ke setop kontak
  2. Masukan pakaiyan kotor dan jangan lupa baca buku panduan dalam penggunaanya jika ada bahan yang tidak boleh untuk dimasukan.
  3. Pastikan keran air sudah di buka dan suplai air sudah benar- benar masuk ke dalam mesin cuci.
  4. Bila suplay air sudah cukup dan di atur oleh kelep otomatis yang dinamakan ( solenoid valve) yang ada di dalam mesin cuci.
  5. Tekan tombol power pada umumnya saat di tekan tombol power di aktifkan akan bekerja mode mencuci kondisi default, dan pada kondisi ini biasanya tinggal tekan tombol setar dan selanjutnya berjalan secara otomatis.
  6. Setelah tombol setar di tekan sejenak mesin cuci akan mengukur berapa banyak pakaiyan yang anda cuci dan akan mengatur jumlah volume air yang di perlukan.
  7. Proses mencuci berjalan dan setelah beberapa menit mencuci selesai dan air otomatis di buang (proses drain) drain pump.
  8. Mesin cuci melakukan spin sejenak proses mengeringkan sejenak untuk menghilangkan sisa sabun.
  9. Dan berikutnya modul akan memerintah membuka keran air untuk mengisi tabung yang fungsinya untuk membilas dan bila air sudah penuh otomatis menutupnya dan proses membilas berlangsung dan bila sudah selesai air otomatis di buang kembali.
  10. Dan terakhir mesin cuci melakukan proses sepin untuk mengeringkan dan proses ini cukup lama dan selanjutnya pakaiyan di jemur karena proses pengeringan dalam mesin cuci hanya mencapai 80% saja.
Cara Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Spiner ( Tidak Berputar)

Dalam mesin cuci 1 tabung sudah tentu memiliki hanya satu motor yang bekerja untuk memutr satu kipas pencuci dan memutar tabung pengering yang di lengkapi otomatis untuk memutar kipas pencuci dan memutar tabung bila proses mengeringkan.

Untuk memudahkan dalam melakukan perbaikan adabaiknya untuk memahami sekema mesin cuci satu tabung dan simak sebagai berikut:

Permulaan perlu kita perhatikan proses tidak bisa sepin itu pada waktu melakukan pencucian atau proses pengeringan atau keduanya.

Memperbaiki Mesin Cuci Satu Tabung Tidak Bisa Berputar Samasekali

Untuk memperbaiki mesin cuci tidak bisa berputar sama sekali harus benar benar jeli dan terkadang penyebabnya yan kita tidak duga, berikut komponen yang biasanya menjadi sebuah penyebabnya:

1. Kerusakan pada water level pressure switch




Alat yang satu ini bisa di sebut dengan sensor water level pressure, yang punsinya sebagai sensor apakah air sudah cukup untuk melakukan proses mencuci, banyak sedikitnya air yang di butuhkan tergantung perintah modul ke sensor water level pressure yang kita seting pada waktu kita memulai untuk mencuci.

Kerusakan pada sensor level water ini gejalanya sebagai berikut:

  1. Mesin cuci tidak mau berputar karena modul menganggap air belum cukup untuk mencuci
  2. Air meluber penuh atau air tidak terisi penuh karena sensor level tidak bisa bekerja dengan tepat.
Cara kerja sensor ini menerima tekanan udara dari tabung pencucian melelui selang yang di hubungkan ke sensor water level ini.

2. Kerusakan pada selenoid Valve ( Klep otomatis)



Alat ini bekerja untuk membuka dan menutup aliran air yang masuk ke tabung pencucian yang di perintahkan oleh modul, dan bila ada kerusakan pada kelep otomatis ini proses pencucian bisa di mulai karena air tidak akan masuk ke tabung pencuci sehingga tidak memberikan tekanan pada sensor water pressure.

Untuk memperbaikinya bersihkan pilter yang ada di dalam kelep otomatis barangkali air tersunbat kotoran yang menyangkut di pilter.

3. Kerusakan pada venbelt

Disetiap mesin cuci sudah pasti terdapat venbelt yang menghubungkan dinamo ke gear box yang selnjutnya memutar kipas pencucian.


Untuk perbaikan penbelt ini perlu anda menggantinya dengan yang baru dan perlu di perhatikan model dan nomor yang sama.

4. Kerusakan pada motor

Kerusakan pada motor listrik ini sudah umum terjadi bisa di sebabkan vaktor usia atau penggunaan yang tidak sesuai dengan kemampuan yang di tentukan.


Penyebab kerusakan motor ini bisa terjadi karena tetesan air dari tabung yang bocor, terjadi konsleting kerusakan ini susah untuk di perbaiki dan di sarankan harus di ganti dengan yang baru.

Sebelum melakukan penggantian di sarankan cari dulu penyebab terjadinya kerusakan motor ini dan bila tabung pencucian bocor perbaiki dulu.

5. Kerusakan pada kapasitor

Rusaknya kapasitor ini adalah akan menyebabkan motor listrik tidab bisa setar jadi motor tidak bisa berputar.


Untuk memperbaikinya silakan anda ganti dengan kapasitor yang baru dengan nilai yang sma.

Demikian ulasan kali ini semoga menambah informasi dan menjadi sumber pengalaman baru dalam mengenal tentang analisa kerusakan mesin cuci anda.
 

Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik