Ticker

6/recent/ticker-posts

Panduan Memperbaiki Mesin Cuci Sendiri Tanpa Di Bawa Ke Tukang Service - Rades Blog


https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Bagi yang memiliki mesin cuci tak ada salahnya mencoba memperbaiki mesin cuci dengan sendiri khususnya kerusakan ringan, karena mesin cuci sekarang ini bukan barang yang mewah sudah pasti setiap rumah memilikinya.

Sekarang mesin cuci memiliki merek semakin beragam semakin banyak pilihan dan orang banyak memilih menggunakan mesin cuci di banding mencuci dengan manual.

Namun demikian pada mesin cuci tidak selamanya lancar sudah pasti memiliki masalah yang menghampirinya.

Mungkin anda sudah menglami masalah pada se orang yang sudah lama memilikinya, untuk itu di artikel ini saya akan membahas  tentang bagai mana cara memperbaiki mesin cuci sendiri tanpa bantuan tukang service atau memanggil tukang service ke rumah.

Untuk memulai permulaan sudah tentu sebelum memperbaikinya harus mengenal dan memahami daya kerja mesin cuci dari mulai kelistrikan sampai kinerja mesin cuci waktu di gunakan.

Nah selanjutnya silahkan anda simak sebagai berikut:

1. Kelistrikan 


Masalah di temukan yang berhubungan dengan kelistrikan mesin cuci akan mengalami mati total tidak berfungsi sama sekali.

Bila gejala kerusakan mesin cuci mati total kita cek arus 220v di setop contak kalau keadaanya baik-baik saja kita beralih ke pengecekan selanjutnya  mengukur Setecker dengan multimeter apakah kedua kabel yang menghubungkan listrik ke mesin cuci baik- baik saja, biasanya kerusakanya putus di gigit tikus.

2. Trimer mesin cuci


Trimer memiliki fungsi untuk mengatur kerja mesin cuci dari mengatur lamanya mencuci sampai kapan mesin cuci itu berhenti.

Gejala kerusakan pada alat ini bisa simak sebagai berikut:

  • Mesin cuci mati total tidak berfungsi sama sekali
  • Kerja mesin cuci berhenti di tegah proses mencuci.
  • Rotasi mesin cuci berputar hanya satu arah




Selain itu mesin cuci 2 tabung memiliki dua trimer yaitu trimer pencucian dan trimer pengering gejala kerusakanya  hampir sama.

3. Motor Spin


Pada mesin cuci dua tabung terdapat dua motor  yaitu motor pencuci dan juga motor untuk pengering.
Pungsi motor pencuci untuk menggerkan kipas pencuci yang di hubungkan dengan vbelt dan bekerja dengan rotasi bolakbalik.
Selanjutnya fungsi motor untuk pengering untuk memutar tabung guna untuk memeras dan mengeringkan, motor ini bekerja rotasi berputar satu arah.
Gejala kerusakan pada motor terlihat gulungan hitam terbakar dan mengeluarkan bau juga hanya dengung saja tidak berputar.
Untuk mengatasi hal ini anda harus mengganti motor dengan yang baru.

4. Kapasitor


Kapasitor memiliki pungsi untuk membantu motor untuk melakukan setar, arus di simpan dan di keluarkan untuk membentuk hentakan melakukan rotasi putaran.
Kapasitor memiliki 4 kabel masing masing terhubung ke motor, gejala kerusakan kapasitor motor hanya berdengung saja tanpa melakukan putaran.
Untuk mengatasi kerusakan pada kapasitor ini anda harus mengganti dengan yang baru dengan nilai yang sam.

Dari semua penjelasan dari kerusakan mesin cuci di atas mungkin ada salah satu yang bisa membantu memecahkan masalah yang sedang anda hadapi.
Cukup sekian ulasan kali ini semoga bermanfaat.

Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik