Ticker

6/recent/ticker-posts

Permasalahan Dan Kerusakan Pada Mesin Cuci Digital Merek Samsung - Rades Blog

 



RADES BLOG - 
Salam hangat kita jumpalagi dengan saya yang sebelumnya kita membahas beberapa materi dari berbagi macam permasalahan dari berbagai macam kerusakan mesin cuci.

Di  perjumpaan kali ini saya akan membahas tentang kerusakan dari mesin cuci satu tabung merek samsung type diamond Drum.
Merek samsung ini walau dibilang keluaran terbaru namun walau demikian tak terlepas dari masalah dan kerusakan.

Berikut adalah spare part yang sering mengalami kerusakan:

1.  Control circuit modul


Alat in yang mengatur kerja komponen yang ada di mesin cuci, peroses kerja mesin cuci seperti kapan mengisi air, kapan air harus berhenti dan juga kapan mencuci, membuang air membilas dan lalu mengeringkan itu semua di atur oleh circuit modul sesuai dengan setingan pengguna dalam panel digital, kerusakan yang sering terjadi pada alat ini tidak ada respon saat di setar atau di on pada mesin cuci.

2. Water inlet selenoid valve



Alat ini terdiri dari sebuah katup selenoid dan di lengkapi dengan sebuah per, alat ini berfungsi mengatur masuknya air ke mesin cuci secara otomatis sehingga air masuk tidak berlebihan dan tidak kekurangan, dalam alat ini terdapat filter yang berguna untuk menyaring air yang masuk ke dalam mesin cuci.

Kerusakan alat ini yang sering terjadi adalah sebagai berikut:

  1. Air tidak bisa masuk ke mesin cuci ( code error 4E) hal ini karena ada beberapa kemungkinan sebagai berikut,
  2. Filter tersumbat dengan kotoran, untuk mengatasinya bersihkan saja filter tersebut, 
  3. Tegangan 220v tidak masuk dari modul circuit, dan bisa di cek dengan multi meter dan bila hasilnya 220v masuk kerusakan kumparan terbakar 
  4. Katup selenoid tidak bisa terbuka walau tekanan air sudah kencang untuk mengatasinya buka water valve dan bersihkan dari kotoran yang menganjal di per biar per bekerja secara maksimal 
  5. Air masuk secara terus menerus penyebabnya adalah katup selenoid sudah jebol karena terbakar hal ini jalan terbaiknya harus di ganti dengan yang baru.
3. V Belt


V belt ini adalah salah satu komponen yang menghubungkan motor spin dengan motor wash, kerusakan yang sering terjadi adalah sudah kendor karena faktor usia bila alat ini kendor maka putaran akan berkurang untuk mengatasi hal ini bisa anda lakukan sebagai berikut:

  1. Setel V belt dengan mengendorkan salah satu bagian baut dan geser motor wash sampai vbelt kencang.
  2. Ganti V belt dengan yang baru sarat dengan ukuran yang sama.
4.  Motor Drain


Alat ini berfungsi penarik tuas pembuangan air pada mesin cuci sehingga air di dalam tabung dapat terkuras.
Alat ini juga berfungsi sebagai pemindah fungsi motor dari motor wash ke motor spin bila alat ini rusak maka mesin cuci tidak dapat melakukan proses spin.
Kerusakan pada alat ini sering terjadi karena tidak masuknya tegangan 220v atau motor darain sudah terbakar sehingga harus di ganti dengan yang baru.

5. Water level sensor

Alat ini berfungsi sebagai pengatur banyak sedikitnya air masuk  ke mesin cuci alat ini selalu berhubungan dengan tabung mesin cuci dan di hubungkan dengan selang inlet.
Kerusakan alat ini sering kacaunya level  air yang masuk ke dalam mesin cuci.

Ada beberapa hal penyebab kerusakan pada alat ini yaitu:

  • Tersumbatnya selang inlet oleh kotoran sehingga water level sensor tidak berpungsi.
  • Tegangan 220v tidak masuk ke water level sensor akibat kabel putus atau sonket longgar
  • Kerusakan pada modul sehingga alat ini tidak berpungsi
6. Motor Spin


Alat ini adalah penggerak tabung pada proses mencuci atau pada waktu pengeringan, pada alat ini di lengkapi dengan tuas cuci/spin yang berguna untuk memindahkan pada waktu motor wash ke motor spin, tuas ini akan berpindah secara otomatis pada waktu proses mengeringkan di mulai.
Kerusakan yang sering terjadi pada alat ini adalah kawat sepul terbakar karena tercepret air sehingga terjadi hubungan pendek atau paktor usia dalam pemakaiyan sudah lama.

7. Switch Door



Alat ini berfungsi sebagai sensor pintu, bila mesin cuci dalam proses mencuci dan pintu di buka maka otomatis proses mencuci akan berhenti.
Dalam alat ini terdapat dua lempengan yang di aliri arus ac 220v dan bila pintu di tutup maka kedua lempengan itu saling bersentuhan dan akan menghubungkan arus menuju ke modul mesin cuci dan pintu di buka maka kedua lempengan itu akan renggang dan akan memutus arus.
Dengan rusaknya switch door ini maka mesin cuci akan mati tidak berpungsi sama sekali.

8. Kapasitor



Kapasitor berfungsi untuk membantu motor pada waktu setar dengan kapasitor ini diawal proses mencuci memerlukan tenaga dan arus hentakan tegangan yang tersimpan dalam kapasitor untuk melakukan spin, bila keadaan kapasitor rusak maka motor tidak dapat berputar atau spin yang terdengar hanya dengung saja.

9. Case Divi ( Karet katup Pembuangan Air )


Alat ini adalah katup karet pembuangan air yang berfungsi untuk menutup air bila keadaan mesin cuci melakukan pencucian.
Masalah kerusakan yang di temukan pada alat ini adalah air tidak tersimpan dalam tabung pencucian.

Penyebabnya adalah :
  1. Karet terganjal dengan kotoran sehingga karet renggang
  2. Karet terhalng dengan uang logam
  3. Per dalam karet sudah lapuk sehingga tekanan kurang sempurna
  4. Karet terhalng dengan jarum pentul atau bros yang msuk ke saluran pembuangan.
Demikian ulasan kerusakan kali ini semoga membantu dalam mengatasi mesin cuci anda.

Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik