Ticker

6/recent/ticker-posts

Memperbaiki Pompa Air Submersible Daya Dorong Rendah Debit Air Yang Di Keluarkan Berkurang - Rades Blog


https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Jika anda menemukan pompa air submersible bekerja sangat lemah meskipun masih bisa mendorong air namun pompa bekerja tidak seperti biasanya yaitu debit air dan daya dorong tidak seperti yang kita harapkan.

Sebelum kita mengambil keputusan ke poin perbaikan ada beberapa hal yang harus di periksa terlebih daulu yang akan memberikan pengertian tentang sumber permasalahanya yang menjadi akibat kerusakannya.


Untuk pengecekan yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Cek tegangan listrik di sekeliling intalase rumah anda apakah mencapai 220v atau memang tegangan listrik di rumah anda mengalami penurunan yang akan mempengaruhi daya kerja pomp anda menjadi tidak maksimal, bila itu terjadi segera hubungi PLN terdekat meminta untuk perbaikan sambungn yangmenuju rumah anda.
  2. Cek kapasitor brngkli sudah lemah sehingga gulungan setar tidak dapat membantu gulungan setar.
  3. Cek jenis kabel yang anda gunakan sebaiknya menggunakan kabel yang berkualitas agar dapat menyuplai arus listrik tetap maksimal ke pompa anda.
  4. Cek setiap sambungan kabel terkadang kotor atau tersambung kurang maksimal.
Setelah empat penelusuran sudah kita lakukan tingal  melakukan pemeriksaan pompa sudah di pastikan permasalahan kerusakan terjadi di pompa submersible dengan cara pompa di angkat ke permukaan.

 Lemahnya kinerja sebuah unit pompa dapat di analisa dalam tiga hal yaitu:

  1. Pstikan kinerja sebuah motor apakah masih bekerja secara optimal dengan suplai arus listrik yang sesuai dengan spesifikasi pompa.
  2. Input tegangan kecil akan membuat RPM putaran tidak maksimal sehingga kekuatan yang di hasilkan tidak maksimal.
  3. Lakukan penyesuaiyan kekuatan pompa, itu hal yang sangat penting dan harus menjadi perhatian sejak awal perencanaan jangan coba-coba menurunkan spesifikasi dengan alasan tertekan biyaya oprasional yang biasanya dapat mengurangi hasil pekerjaan yang kurang maksimal.
  4. Spesifikasi kekuatan pompa di cantumkan daya dorong ( discharge head ) yaitu kekuatan mesin untuk mendorong air ke dalam pipa sesuai kekuatan tertentu.
  5. Semakin jauh atau semakin tinggi jarak tempuh melewati batas spesifikasi normal maka hasil kerja pompa akan melemah dan hasilnyapun tidak akan sesuai harapan.
  6. Spesifikasi kabel yang di gunkan untuk penghantar listrik menuju pompa semakin kecil atau buruknya kualitas kabel yang di gunakan, atau semakin jauh jarak tempuh maka suplay listrik sudah dapat di pastikan tegangan listrik akan semakin melemah maka akan mempengaruhi daya kerja pompa maka hasilnyapun tidak sesuai harapan.
  7. Spesifikasi kabel harus di sesuaikan dengan mengmbil kualitas dan ukuran yang sudah di tentukan ( kualitas kabel harus baik sesuai ukuran yang di cantumkan ).
  8. Pipa yang di gunakan harus sesuai yang di cantumkan menurut aturan pompa, kalau pipa terlalu kecil maka akan menjadi sebuah hambatan pada daya dorong pompa.
  9. Spesipikasi pompa harus berkualitas baik agar mampu menahan tekanan daya dorong pompa.
Apabila sudah di lakukan penyesuaiyan pemasangan pompa sesuai spesifikasi yang di tentukan di atas pompa masih melemah lakukan perbaikan pada bagian sebagai berikut.

  1. Bersihkan dari lumpur pada bagian saluran output impeler.
  2. Cek impeller apakah masih baik bila keadaan sudah aus atau tipis lakukan penggantian sesuai jenis dan ukuran yang ada.
  3. Cek keadaan gulungan sepul apakah sebagian sudah ada yang gosong sudah pasti akan menjadikan penurunan kualitas tenaga pompa.
  4. Bersihkan saluran input pompa dari lumpur.
  5. Cek pipa output barangkali ada endapan lumpur yang menggumpal.
Sampai di sini semoga hal yang saya tulis menjadi hal yang berharga untuk anda, dan menjadi sumber informasi dalam mengatasi masalah pompa air anda.

Komentar

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik