Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Memilih Dan Menentukan Jenis Pompa Air Untuk Sumur Dalam - Rades Blog


https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Memilih jenis pompa yang akan kita gunakan perlu kita lakukan pengecekan dan melihat kedalaman dan lokasi dimana sumur itu berada.

Menentukan pompa air yang tepat dan yang paling bagus untuk sumur bor dalam sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pompa air lainya.

Hanya saja yang membuat itu berbeda adalah pada ukuran kedalaman sumur itu sendiri yang harus di sesuaikan dengan spesifikasi unit mesinya.

Sumur bor memiliki dua macam yaitu sumur bor dangkal dan sumur bor dalam yang mana jika memiliki kedalaman lebih dari 10 meter maka tidak mungkin dipasang pompa air dangkal karena keterbatasan daya hisap pompa ini maksimum  9 meter 

Untuk itu sumur bor yang sudah ada di rumah anda berkedalaman lebih 10 meter artinya anda harus menggunakan pompa air untuk sumur dalam.

Jenis pompa yang tersedia untuk di gunakan ada dua jenis tipe pompa yaitu yang pertama pompa jet pump dan pompa submersible.

Pompa Jet Pump sumur dalam


Pompa air jenis ini memang kebanyakan di gunakan pada sumur dalam baik di gunakan pada sumur bor maupun sumur besar, namun tetap memiliki batasan spesifikasi pemasngan daya hisap maksimum untuk kedalaman 60 meter.

Teknik pemasangan tidak jauh dengan pemasangan pompa air jenis sumur dangkal, dan hanya sedikit perbedaan dengan intalasi pipa yaitu pipa hisapnya dengan dua jalur pipa yang salah satunya yang berfungsi sebagai jet atau pendorong air menuju pipa hisap.

Pompa jet pump memiliki motor elektrik dengan daya power yang besar sehingga daya listrik yang di perlukan cukup besar pula.

Pompa Air Submersible

Ada satu lagi tipe pompa air yang dinamakan dengan pompa submersible, pompa ini awalnya di gunakan di perusahaan besar atau industri yang memerlukan debit air yang cukup deras.

Akan tetapi sekarang pompa air submersible sudah banyak di gunakan di kalangan rumahan sehingga ukuranyapun cukup beragam tergantung kita yang akan menggunakanya.



Jenis pompa ini di sebut dengan pompa benam yang di oprasikan di dalam air, justru pompa ini akan mengalami kerusakan bila terlalu lama di oprasikan di area kering dalam jangka waktu yang lama.

Spesifikasi pompa ini tidak memiliki pipa hisap layaknya pompa biasa, akan tetapi pompa jenis submersible memiliki pipa dorong yang mencapai sesuai power yang di tentukan sesuai tipe yang di butuhkan pengguna.

Daya kerja pompa air tipe submersible sangat jauh berbeda dengan tipe jet pump, tipe jet pump mendorong dan menghisap sedangkan tipe submersible cuma hanya mendorong saja.

Pompa submersible adalah tipe sentrifugal dengan memiliki susunan kipas lebih dari satu dan di putar dengan rotasi putaran yang sangat tinggi oleh motor listrik didalam casing sehingga mampu mendorong air ke atas permukaan.

Kelebihan jenis pompa ini sangat cocok untuk di gunakan di sumur bor kerena casing yang memanjang berbentuk tabung srhingga sangat ringkas dan simpel untuk di gunakan.

Ada satu krlrbihan lagi pompa jenis ini jauh dari kebisingan karena pompa di pasang di dalam air dan juga memiliki sistem prndingin yang alami karena terendam dalam air.

Pompa submersible sekarang sudah tersedia dalam berbagai jenis kedalaman air hinga sampai mencapai sumur 200m. Di sisi lain ada kekurangan dalam tipe submersible ini adalah harganya cukup mahal namun sangat seimbang dengan hasil kerja dan kualitasnya memang cukup handal.

Sampai jumpa semoga tulisan yang saya buat ini menjadi informasi yang berharga untuk anda.

Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik