Ticker

6/recent/ticker-posts

Memperbaiki Pompa Air Hanya Berbunyi Dengung Dan Mengeluarkan Getaran - Rades Blog

https://sritaniadwilestari.blogspot.com

RADES BLOG - Pompa air salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam menjalankan rumah tangga, pompa air memiliki peranpenting dalam menyuplai air ke setiap rungan rumah seperti , westapel tempat cuci tangan, ke bakmandi, ke halaman rumah dan lain sebagainya.



Disetiap rumah sudah umum memiliki pompa air dari mulai kalangan bawah sampai ke kalangan atas sekalipun, produk pompa air sekarang banyak beraneka ragam dan memiliki kualitas masing - masing tentu saja hanya anda yang memilih tergantung selera dan kepercayaan tentang kualitas dan kekuatanya itu.

Di samping banyak produk yang di keluarkan oleh pabrik sudah tentu  pompa air memiliki kekurangan dan kelebihan dan di suatu saat akan mengalami kerusakan cepat dan lambatnya tergantung penggunaan dan berat ringanya beban pompa air itu sendiri.

Nah, sekarang kita akan membahas tentang pompa air yang berbunyi dengung dan mengeluarkan getaran.
Mungkin anda ingin tahu apa penyebab gejala kerusakan pompa air seperti itu? dan mari simak sebagai berikut.

Perama - tama yang kita lakukan sekarang ini dengan melakukan langkah pengecekan satu persatu seperti langkah awal ini kita mengecek bagian Kapasitor.

Kapasitor

Kapasitor adalah bagian penting dalam pompa air, kapasitor memiliki fungsi untuk membantu  melakukan setar pada waku anda pertama menyalakan pompa air.
Proses kerja kapasitor adalah menghubungkan arus ke listrik ke gulungan setar  (primer) yang berada di dalam gulungan jalan atau utama ( sekunder) Arus listrik sebelum di alirkan ke gulungan primer atau setar di tampung dulu dalam kapasitor dan akan membuat hentakan putaran untuk memulai pompa air itu bekerja.

Tahap pengecekan kapasitor adalah dengan membuka tutup di bagian atas pompa air dan kemudian kapasitor di lepas untuk sementara dan masukan kedua kabel kapasitor ke dalam setop kontak lalu kemudian cabut dan tempelkan kabel kapasitor dengan yang satunya lagi, bila respon kapasitor memberikan bercakan kuat berarti kapasitor baik- baik ajah dan bila bercakan itu kecil atau tidak ada respon sama sekali berarti kapasitor mati.



Dalam pemeriksaan ini kapasitor masih mengeluarkan bercakan kuat berarti kapasitor baik-baik ajah lalu saya pasangkan lagi ke bagian kabel yang tadi saya lepas.

Gulungan sepul

Langkah yang kedua kita cek bagian gulungan pompa air dengan membuka tutup pompa bagian kipas pendingin.


Dalam pengecekan gulungan tentu kita harus mengetahui warna kabel untuk bagian kapasitor yang memiliki warna yang berbeda seperti warna yang sering di gunakan  adalah warna merah dan abu-abu.
Untuk pengecekan gulungan kita harus menggunakan avo meter dengan di arahkan pada X1 apakah ada hubungan singkat atau hubungan normal tanpa masalah.

Untuk mengetahui gulungan baik baik saja jarum avo meter menunjukan hanya setengahnya saja dan bila terjadi hubungan singkat jarum avo meter menunjukan full sampai habis ke samping kanan.

Untuk mengetahui gulungan tidak putus yang anda harus lakukan  setik bagian merah avo meter tempelkan ke kabel hitam dan setik yang bagian merah tempelkan satu persatu ke kabel putih atau hijau lalu lihat jarum avo meter menunjukan ke tengah berarti gulungan tersambung tnpa ada hubungan singkat, selanjutnya setik Avo meter warna hitam tetap di tempelkan di kabel warna hitam kemudian setik avo meter warna merah di pindahkan dari warna putih atau hijau tadi ke warna merah atau abu dan hasilnya seperti tadi jarum avo meter di posisi di tengah berarti baik - baik saja.

Sebaliknya bila di salah satu yang tadi kita periksa avo meter tidak memberikan respon apa - apa berarti ada yang putus, bila ke kabel hijau atau putih tidak tersambung berarti yang putus bagian sepul utama dan bila ke kabel warna merah atau abu-abu berarti sepul bagian setar terputus.

Untuk perbaikanya tinggal membuka tali gulungan dan cari bagian yang putusnya kemudian sanbung dengan menggunakan solder jangan lupa di beri selongsong anti panas biar tidak menempel ke sepul yang lainya terkadang ada salah satu sepul yang lecet atau terbuka akan menyebabkan terjadinya masalah baru.

Setelah itu kawat sepul kita tata kembali dan di ikat dengan benag nilon lalu pasang kembali dan pompa akan berjalan normal.

Setelah pengecekan sepul sudah kita lakukan dan masalah masih tetap ada kita periksa ke bagian kedua laher dengan membuka bagian tutup pompa air lalu keluarkan bagian angker dan terlihat salah satu laher ada yang bermasalah.

Lakukan penggantian laher dengan yang baru dan di sarankan ganti dua-duanya dan sebelum membeli lihat kode nomor di samping laher yang kita akan ganti.

Nah , sekarang kita sudah temukan penyebab pompa air yang berdengung dan bergetar ternyata hanya sebuah laher yang rusak, ganti kedua laher dan suara pompa air anda lembut nyaris tak terdengar dan pompa normal kembali.

Sampai jumpa semoga bahasan kali ini dapat membantu anda selamat mencoba semoga sukses.

Komentar

  1. Strange "water hack" burns 2 lbs overnight

    Well over 160000 women and men are hacking their diet with a simple and secret "liquids hack" to burn 1-2lbs each and every night while they sleep.

    It is painless and it works all the time.

    This is how you can do it yourself:

    1) Go grab a clear glass and fill it with water half the way

    2) Proceed to learn this strange hack

    and become 1-2lbs skinnier the very next day!

    BalasHapus
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  3. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Membuat Jaringan RT RW Net Dengan Fiber Optik